-->

Satgas TMMD Kodim 0109/Aceh Singkil Kebut Pengerjaan Pondasi Jembatan

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL — Tim Satgas TMMD Reg Ke-117 Kodim 0109/Aceh Singkil kembali kebut pengerjaan pondasi jembatan yang nantinya akan dapat menghubungkan jalan Desa Takal Pasir dan Teluk Rumbia di Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (03/08/2023).

Di bawah teriknya sinar matahari tak mengurangi semangat Tim Satgas TMMD dalam pembuatan pondasi pada jembatan di lokasi TMMD, rangkaian besi yang sebelumnya sudah di bentuk membentuk semacam keranjang ini berfungsi sebagai tulangan untuk menambah kekuatan tiang tengah jembatan. Pengerjaan pondasi ini terus di kebut guna antisipasi jika sewaktu-waktu curah hujan tinggi, jika sungai banjir juga semua dipastikan aman dan proses pembangunan tetap masih bisa berlanjut.

Proses pengerjaan pondasi jembatan yang merupakan sasaran fisik utama di TMMD Reguler ke-117 ini harus sesuai progres, mengingat penggunaan jembatan ini sangat vital bagi masyarakat kedua desa. Sebagaimana diketahui, jembatan sungai yang membelah jalan di ke dua desa yang saat ini dibangun Satgas TMMD Reguler Kodim 0109/Aceh Singkil tergolong lumayan lebar dengan kalkulasi panjang 4 meter dan lebar 3,5 meter.

Kapten Inf Bambang Danramil 02/Singkil yang tergabung dalam Tim Satgas TMMD menyampaikan, pengerjaan pondasi jembatan sungai  ini memang menjadi prioritas dengan cuaca yang mumpung mendukung pekerjaan maka akan terus di kejar. Karena di khawatirkan, jika sering turun hujan dan air sungai meluap sementara pondasi belum selesai dikerjakan maka akan menjadi kendala untuk merampungkan pondasi jembatan.

"Mumpung cuaca mendukung dan dengan teriknya matahari di harapkan pengerjaan pengecoran pondasi jembatan dapat maksimal, kontruksi dasar jembatan harus kuat karena terkait dengan kualitas jembatan. Terutama pondasi harus memiliki kekuatan," ujar Danramil.

Dalam pengecoran pondasi jembatan, perbandingan pasir, sirtu dan semen untuk pengerjaan pengecoran harus benar diperhatikan dan pekerjaan belum bisa dilanjutkan sebelum coran benar-benar kering dan padat. Sementara untuk pembuatan papan mal pondasi jembatan tidak memakan waktu yang lama, namun Pembangunan dan pengecoran pondasi jembatan yang memakan waktu lumayan lama karena terkait dengan kualitas jembatan.

"Pondasi jembatan harus memiliki kekuatan dan masa pembukaan papan mal juga harus menunggu beberapa hari sampai semen coran benar - benar kering dan padat," tegasnya. (Rel)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini