-->

Babinsa Bersama Petugas Peternakan Cek Ternak Sapi Warga Lae Pinang

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Babinsa Koramil 0109-06/Singkohor Sertu Hardi Sulistiyo bersama perangkat Desa mendampingi petugas dari Dinas Peternakan Kecamatan Singkohor memeriksa kesehatan hewan ternak sapi guna mengantisipasi, mencegah penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), di Desa Lae Pinang, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (03/11/2022).

Sertu Hardi Sulistiyo mengatakan, bahwa pemeriksaan kesehatan dilakukan sebagai upaya preventif untuk mencegah terjadinya penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak dengan cara mengecek langsung pada hewan sapi.

PMK sendiri, kata Babinsa, merupakan penyakit hewan yang disebabkan oleh Apthovirus. Umumnya, penyakit ini menyerang hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kambing. Secara umum, PMK menimbulkan beberapa gejala klinis yang sama, di antaranya kepincangan, air liur berlebih atau berbusa, lepuh di sekitar mulut, lidah, gusi, hewan terlihat lemah, sering berbaring.


“Sosialisasi dan penyemprotan cairan disinfektan juga diberikan oleh petugas. Dengan harapan, para peternak juga bisa bekerja bersama untuk bersama-sama mencegah penyebaran virus ini. Sehingga, wilayah khususnya di Kecamatan Singkohor ini aman dari virus PMK," ujarnya.

Dari hasil pengawasan dan pengecekan langsung dari petugas gabungan bersama dinas terkait ini, untuk hewan ternak sapi semuanya dalam kondisi sehat.

"Alhamdulillah, kondisi hewan ternak sapi kondisinya sehat. Namun demikian, kami berharap agar peternak tetap menjaga kebersihan hewan ternak, kandang, serta sarana prasarana yang digunakan sebagai upaya pencegahan agar terhindar dari PMK," sebutnya.

Babinsa juga menghimbau kepada pemilik sapi agar selalu memperhatikan kebersihan lingkungan disekitar kandang dan mengecek kesehatan sapi, agar terhindar dari PMK, apabila ada sapi yang sakit agar segera melaporkan ke Satgas PMK, supaya segera ditindaklanjuti untuk mencegah penyebarannya.

Sumber: Kodim 0109 Aceh Singkil
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini