-->

Warga Pulau Banyak Gelar Kenduri Laut

REDAKSI


SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Warga Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, masih eksis menggelar kenduri laut. 

Kegiatan itu dipusatkan di Objek Wisata Pulau Panjang atau di Lokasi Bumdes Karya Mandiri Pulau Baguk, Kecamatan Pulau Banyak, Minggu 11 September 2022.



Kenduri laut merupakan warisan leluhur yang kini dijadikan tradisi bagi warga yang dilaksanakan secara turun temurun sebagai wujud rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat Nya serta rejeki yang tiada terhingga. 

Pada momen kenduri laut, Nelayan memanjatkan doa bersama supaya hasil melaut bisa melimpah dan berkah.  

Ketua Panitia Kenduri Laut Kemungkiman Pulau Salapan, H Amshar


"Tradisi kenduri laut dirangkaikan dengan khatam Al Qur'an 30 Juz, zikir, doa bersama, memberikan santunan anak yatim, dan makan bersama. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk syukur atas nikmat dan rezeki yang diberikan Allah SWT," kata Ketua Panitia Kenduri Laut Kemungkiman Pulau Salapan, H Amshar, Minggu 11 September 2022.

Ia menyebutkan, saat menggelar kenduri laut, warga atau nelayan patungan menyumbang dana untuk menyukseskan acara tersebut, termasuk untuk membeli satu ekor kerbau untuk disembelih. 



Hewan yang disembelih itu dimasak dengan menu kuah belangong, untuk dinikmati bersama di Pulau Panjang. Tak hanya menu daging kerbau panitia juga menyediakan menu Ikan yang beragam. 

"Kegiatan kenduri laut ini merupakan warisan leluhur yang kini masih dilestarikan masyarakat. Kenduri laut ini dilaksanakan setiap satu tahun sekali," ujar Amshar 



Ia menjelaskan, saat ini tradisi itu terus dipertahankan warga sebagai momen silaturahmi sesama masyarakat, dengan menjaga kekompakan dan solidoritas. 



Dalam kegiatan kenduri laut ini juga dirangkaikan dengan kegiatan pembagian Zakat Infak kepada Mustahiq yang dilakukan oleh pengurus Bumdes Karya Mandiri Pulau Baguk.

Penyerahan zakat Infak kepada Mustahiq diserahkan langsung oleh Pejabat Bupati Aceh Singkil Marthunis.



Khanduri laut ini ikut dihadiri diantaranya Kapolres Aceh Singkil AKBP Iin Maryudi Helman, Sejumlah Anggota DPRK Aceh Singkil, Para Asisten, Kabag dan sejumlah Kepala SKPK dilingkungan Pemkab Aceh Singkil, serta Tokoh Masyarakat Aceh Singkil Yakarim M.



Hadir juga Muspika Pulau Banyak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, para tamu undangan, dan ratusan masyarakat asal Kecamatan Pulau Banyak. (Jamal)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini