-->

Lantai Jembatan Handel Rusak Parah, PPWI Minta Pemkab Aceh Singkil Batasi Tonase Mobil

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Kabupaten Aceh Singkil, Aceh, Asyuhar Fandi meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Singkil untuk memperhatikan tonase truk-truk atau kenderaan berat lainnya yang melintasi di jembatan handel, Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah. 

"Mengigat kondisi lantai jembatan handel ini sudah sangat memprihatinkan, jadi jika yang melintas diatasnya melebihi tonase, maka lantai jembatan handel ini akan cepat mengalami kerusakan," kata Asyuhar Fandi dalam keterangannya kepada Singkilterkini.net, Jumat, 3 Juni 2022.

Dijelaskannya, bahwa pada Selasa 31 Mei 2022, satu unit mobil tangki pengangkut Crude Palm Oil (CPO) asal PT Rundeng Putra Persada berwarna hijau terperosok di Jembatan Handel Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah.

Mobil Tangki dengan plat BK 8519 DD itu terperosok, dikarenakan lantai jembatan handel sudah lama mengalami kerusakan.

"Mobil Tangki pengangkut CPO ini melaju dari arah Lae Pinang Kecamatan Singkohor menuju Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah," ujar Fandi.

Naasnya, kata Fandi, pada saat melintas, tepat di tengah badan jembatan Handel, lantai yang terbuat dari baja ini pun jebol hingga ban belakang sebelah kanan Mobil Tangki tersebut pun tersangkut.

Akibat Terperosoknya mobil tangki ini, kata Fandi, lalu lintas dari dua arah pun macet parah atau terganggu. 

"Intinya, untuk mencegah agar hal serupa tidak terulang kembali, Kami dari DPC PPWI Aceh Singkil minta Pemkab Aceh Singkil untuk segera melakukan gebrakan dilapangan, agar muatan angkutan, seperti muatan mobil pengakut sawit dan Mobil Tangki pengangkut CPO untuk sementara dibatasi mengigat kondisi lantai jembatan yang sudah sangat memprihatinkan," ujarnya. 

Dalam keterangannya, PPWI Aceh Singkil juga meminta Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil untuk menuntaskan pembangunan Jembatan Handel Rimo atau Jembatan yang baru agar aktivitas masyarakat kedepannya ini dapat berjalan dengan lancar. 

PPWI Aceh Singkil juga menyoroti terkait kerusakan ruas jalan dan jembatan dari Desa Rimo Kecamatan Gunung Meriah menuju Desa Singkohor Kecamatan Gunung Meriah yang hingga kini mengalami kerusakan yang cukup parah. 

Menurutnya, kerusakan ruas jalan dan jembatan tersebut harus segera dilakukan perbaikan demi kelancaran transportasi, mencegah terjadinya laka lantas, dan kerusakan kendaraan warga.

"Terkait dengan tonase mobil ini, tidak hanya dibatasi pada saat kendaraan melintas di Jembatan Handel Rimo, tetapi juga harus dibatasi pada saat kendaraan melintas diruas jalan Rimo - Singkohor," tambahnya.(JML/RED)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini