-->

Launching Pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional, Pemkab Aceh Singkil Apresiasi PT Perkebunan Lembah Bhakti

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menargetkan sebanyak 45.120 anak usia 9 bulan hingga 15 tahun yang tersebar di 11 Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Singkil sudah diberikan imunisasi. 

Hal ini berkaitan dengan Launching atau pencanangan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) tingkat Kabupaten Aceh Singkil, pada Senin 31 Mei 2022. 

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid yang diwakili oleh Asisten I Junaidi, yang hadir dalam kegiatan tersebut berlokasi di Aula PT Perkebunan Lembah Bhakti (PT PLB), Desa Telaga Bakti, Kecamatan Singkil Utara menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PT Perkebunan Lembah Bhakti (PT PLB) yang sudah bersedia untuk menjadi tuan rumah pencanangan bulan imunisasi anak nasional (BIAN) tingkat Kabupaten Aceh Singkil tahun 2022. 

Dijelaskannya, bahwa pelaksanaan BIAN bertujuan untuk mencapai eliminasi campak dan rubella tahun 2023, serta diharapkan dapat mempertahankan status bebas polio pada tahun 2023. 

Sebagaimana diketahui bersama, sambungnya, saat ini kita masih dihadapkan dalam situasi pandemi Covid-19, yang menyebabkan pelaksanaan imunisasi rutin tidak dapat berjalan lancar, sehingga terjadi penurunan cakupan imunisasi secara signifikan yang mengakibatkan terjadinya kejadian luar biasa (KLB) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) di beberapa daerah.


Untuk itu, kata Junaidi, perlu dilakukan penguatan imunisasi tambahan melalui pencanangan BIAN tahun 2022. 

Pemberian vaksin melalui program imunisasi ini, kata Junaidi, merupakan salah satu strategi pembangunan kesehatan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia sehat. Dengan tersedianya vaksin, sambunya, diharapkan mampu mencegah penyakit menular sebagai salah satu tindakan pencegahan yang efektif dan efisien. 

Imunisasi, kata dia, sangat penting bagi anak-anak, sebagai bentuk tanggung jawab orang tua bagi generasi mendatang. Oleh karena itu kepada stakeholder untuk berpartisipasi aktif dalam capaian imunisasi dan ikut serta mensukseskan BIAN tingkat Kabupaten Aceh Singkil.

"Saya mengajak kepada kita semua untuk bersama-sama mensukseskan bulan imunisasi anak nasional dengan menghimbau dan mengajak semua masyarakat yang mempunyai anak yang menjadi sasaran imunisasi dengan mendatangi pos imunisasi," ujarnya.


Dalam sambutannya, Junaidi juga menyebutkan bahwa target BIAN Kabupaten Aceh Singkil tahun 2022 berjumlah 45.120 anak dari usia 9 bulan sampai dengan usia 15 tahun. 

Ia meminta kepada masyarakat untuk tidak kuatir terhadap imunisasi, karena vaksin yang digunakan aman dan halal. Selain itu, vaksin yang diberikan, juga terbukti mampu memberikan kekebalan pada tubuh. 

"Kepada masyarakat agar tidak ragu-ragu membawa anak ke Pos Pelayanan Imunisasi," ajaknya. 

Ia juga meminta kepada petugas kesehatan agar bekerja dengan humanis, profesional dan dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada orang tua dan anak-anak tentang manfaat dan pentingnya imunisasi tersebut, 

"Sekali lagi saya atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menyallmpaikan ucapan terimakasih kepada PT Perkebunan Lembah Bhakti yang telah bersedia memfasilitasi kegiatan ini dalam rangka mendukung dan membantu pemerintah dalam melaksanakan program kesehatan masyarakat, terutama kesehatan anak-anak melalui bulan imunisasi anak nasional Kabupaten Aceh Singkil tahun 2022," sebutnya. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Aceh Singkil, H Subarsono dalam laporannya mengatakan, launching ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia. 

"Hari ini bersama-sama kita melaksanakan pencanangan atau launching BIAN tingkat Kabupaten Aceh Singkil tahun 2022. Sebagai permulaan pemberian imunisasi ini diberikan kepada siswa-siswi SDN Telaga Bakti di Kecamatan Singkil Utara," ujarnya.


Dikatakannya, sasaran BIAN ini sendiri yakni imunisasi tambahan Campak Rubella bagi usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun di Kabupaten Aceh Singkil berjumlah 45.120 anak yang tersebar di 11 Kecamatan. 

Subarsono juga menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Manajemen PT Perkebunan Lembah Bhakti yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pencanangan bulan imunisasi anak nasional. 

Sementara itu, Community Development Area Menejer Riduan Manik dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil yang telah mempercayakan PT Perkebunan Lembah Bhakti menjadi tuan rumah pada acara pencanangan atau launching bulan imunisasi anak (BIAN) Tingkat Kabupaten Aceh Singkil tahun 2022.

Riduan juga menyampaikan permohonan maaf apabila adakekurangan dalam penyambutan sebagai tuan rumah dalam kegiatan pencanangan atau launching BIAN di SDN Telaga Bakti yang ditempatkan di Aula PT Perkebunan Lembah Bhakti, di Desa Telaga Bakti, Kecamatan Singkil Utara.


"Pada prinsipnya Manajemen PT Perkebunan Lembah Bhakti sangat mendukung program pemerintah terkait dengan program bulan imunisasi anak nasional di wilayah Kabupaten Aceh Singkil," ujarnya. 

Ditambahkannya, bahwa Manajemen PT Perkebunan Lembah Bhakti juga berharap agar seluruh anak sekolah dasar khususnya diwilayah Desa Telaga Bakti Kecamatan Singkil Utara dan Desa Pandan Sari Kecamatan Gunung Meriah bisa segera mendapatkan vaksinasi. 

Dalam kesempatan yang sama, Asisten CSR PT Perkebunan Lembah Bhakti Catur Wibowo mengatakan keterlibatan perusahaan dalam pencanangan atau lounching bulan imunisasi anak merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap kesehatan masyarakat terutama terhadap anak yang berada dilingkungan perusahaan. 

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program CSR PT Perkebunan Lembah Bhakti di bidang kesehatan," tambahnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Staf Ahli Sekdakab Aceh Singkil, Edi Widodo, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil Khalilullah, Kabid P2P Dinas Kesehatan Aceh Singkil Raja Maringin. 

Hadir pula Humas PT PLB Aceh Singkil Teguh, Kapolsek Singkil Utara, Ipda Bambang Syahputra, Kepala Puskesmas Singkil Utara, Kepala Puskesmas Gunung Meriah, Kepala Kampung Telaga Bakti, dan Kepala SDN Telaga Bakti beserta Guru, para murid SDN Telaga Bakti yang juga ikut didampingi orang tua. (Jamal/Red).
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini