-->

Satgas TMMD Kodim Subulussalam Gelar Penyuluhan Bela Negara

REDAKSI

SUBULUSSALAM - Satgas TMMD Reguler Ke-112 Kodim 0118 Subulussalam menggelar penyuluhan bela negara kepada masyarakat dan perangakt Desa Darussalam Kecamatan Longkib Kota Subulussalam, Aceh, Jumat (8/10/2021).

Acara penyuluhan bela negara dengan ikut menerapkan protokol kesehatan berlangsung di Balai Desa Darussalam.

Dansatgas TMMD Reguler ke 112 KODIM 0109 Aceh Singkil, Letkol Inf Winas Kurniawan, S.I.P., M.Tr(Han) mengatakan, penyuluhan bela negara itu merupakan salah satu kegiatan non fisik pelaksanaan program TMMD di wilayah teritorial Koramil 03/Longkib.

"Tujuannya adalah untuk menumbuhkan semangat nasionalisme serta jiwa persatuan dan kesatuan bagi seluruh masyarakat, agar selalu siap membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar Letkol Inf Winas Kurniawan yang juga menjabat sebagai Dandim 0118/Subulussalam.

Bertindak sebagai pemateri yaitu Danramil 04/Sultan Daulat Kapten Inf Gunawan yang dihadiri seluruh warga Desa Darussalam.

Dalam penyampaiannya, tiap – tiap warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara dan syarat tentang pembelaan diatur dengan Undang – undang.

Kesadaran Bela Negara itu hakikatnya kesediaan berbakti pada Negara dan kesediaan berkorban membela Negara.

Dengan melaksanakan kewajiban Bela negara, menjadi bukti dan proses bagi seluruh warga Negara untuk menunjukkan kesediaan mereka dalam berbakti pada nusa dan bangsa, sekaligus menjadi bukti pemahaman mengenai Bela negara.

Hal tersebut disampaikan Kapten Inf Gunawan saat memberi penyuluhan Bela Negara dilokasi TMMD ke-112.

Bela Negara merupakan perwujudan tekad, sikap dan prilaku warga Negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin hidup bangsa dan Negara.

Beberapa hal yang menjadi unsur penting dalam pembelaan bangsa diantaranya, cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, yakin akan Pancasila sebagai ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan Negara serta memiliki kemampuan Bela Negara.

Sumber: Pendim Subulussalam 
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini