-->

Nuansa Wisata Bitapmi Garden di Kawasan Gunung Tiusa

REDAKSI


SINGKILTERKINI.NET -- Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil yang di kelilingin Laut dan gugusan Pulau kecil yang memiliki potensi panorama laut yang indah dan kultural ternyata terdapat juga gunung yang menjulang tinggi yang di penuhi pohon-pohon besar yang rimbun serta di lengkapi berbagai macam jenis burung-burung yang hinggap di atas lereng gunung yang tinggi itu.

Nama nya Gunung Tiusa,Tempat tersebut sudah menjadi even wisatawan yang hendak melakukan jungle teckhing sambil menikmati pemandangan luas dari puncak gunung tersebut dan menjelajahi kawasan pundi-pundi gunung itu.

Taman Wisata Alam Bitapmi Garden yang bereda di pinggir Gunung Tiusa tersebut sudah menjadi tempat persinggahan para wisatawan yang hendak melakukan aksi menaiki puncak gunung yang menjulang tinggi itu.

Sebelum melakukan jungle tercking biasanya wisatawan terlebih dahulu menjajakan makan dan minuman ala khas Wisata Bitapi Garden.




Wisata ini memiliki ukuran yang luas dan memiliki bukit yang tinggi sehingga bisa menampung puluhan para pengunjung untuk naik kepuncak bukit itu dan melihat kindahan pulau-pulau kecil dari ketinggian sambari menikmati terpaan angin.

Dipuncak ini juga terdapat Guha yang berukuran kecil dan berwarnah hitam dilengkapi dengan bangku  layak nya seperti kerajaan.

Untuk menaiki bukit ini membutuhkan energi yang kuat dan tenaga yang cukup. Karna, jalan kecil berbatuan menyisir tebing yang cukup menetang mental para pengunjung.

Mamasuki kawasan TWA Bitapmi Garden sebelah kiri dapat kita temui kantin tempat para pengunjung untuk beristirahat dengan ukuran yang sederhana kemudian dilengkapi dengan kolam ikan lele berukuran kecil yang mengeluarkan pancuran air.

Para pengunjug juga dihibur dengan music karoke sambil menikmati keindahan taman wisata bitapmi yang dikelilingi bunga-bunga dan pohon pisang yang rindang.

Kantin Bitapmi ini menjajakan berbagai macam makan dan minuman ala khas bitapmi yang takkala rasa enaknya diantara nya, cofé, fanta flot, es blend ditambah lagi makan ringan seperti goreng pisang, snek, ubi goreng ditambah lagi ikan lele goreng,dengan harga yang terjangakau oleh pengujung.

Tersedia juga paket makan dan minuman untuk bekal  para pengunjung yang hendak melakukan perjalan jauh untuk mengelilingi Gunung Tiusa.

Berjalan menuju bukit kecil terdapat juga beberapa pondok tempat duduk dengan ukuran yang di desain menggunakan bambu beratapkan pohon rumbia layak nya seperti rumah hutan sesuai dengan situasi pegunungan, banyak para pengunjung mengambil momen untuk bersawpoto menandakan pernah singgah ditempat ini.

Wisata ini dilengkapi juga musalla yang dibentuk menggunakan bambu bulat dan berlantikan semen dengan ruang terbuka kemudiam dilengakapi karpet sajadah.

Mushalla ini menampung para jamaah sekitaran sepuluh orang. Untuk melakukan shalat saling bergantian.

Banyak para pengunjung yang datang ketempat ini saban hari nya diantaranya wisatawan lokal yang hendak menikmati suasana gunung dan keindahan Wisata Bitapmi Garden yang menawan sambil mencicipi segelas cofe panas.

Wisata ini juga menjadi tempat kreasi sekolah PG-PAUD yang berada di kecematan Pulau Banyak Barat untuk belajar praktik dan bermain layaknya sekolah karna memiliki taman yang luas dan indah sehingga anak-anak bisa leluasa untuk belajar dan bermain Taman wisata Bitapami memiliki ukuran yang luas sehingga para pengunjung bisa bebas untuk mnelusuri sudut-sudut gunung yang ditumbuhi pohon-pohon besar dan memiliki anak tangga yang disusun menggunakan potongan-potongan kayu.

Tempat ini ramai dikunjungi para muda-mudi pada sore hari menjelang terbenam nya matahari untuk menyaksikan keindahan alam yang berganti menjadi malam.

Biasa nya kegiatan dilakukan seperti bakar ikan, diskusi dan melantunkan lagu-lagu dangdut untuk menghilangkan jenuh yang melanda.

Lokasi Wisata ini berjarak dekat dengan pemukiman Desa Asantola hanya membutuhkan waktu 10 menit saja dengan berjalankaki atau sekitar 50 meter.untuk menuju lokasi ini para pengunjung akan melewati jalan berbatuan dan pohon-pohon ditepijalan yang berjerjeran.

Wisata yang dikelolah oleh Anwar Barus ini bertujuan untuk memajukan dunia parawisata dibidang jungle tecking dengan pemanfaatan lahan yang ada,dimana selama ini Wisata yang ada di pulau banyak barat ini hanya Wisata Pulau Bahari.

Tempat ini dulu hanya lokasi pengambilan batu dan pengaglian tanah untuk bahan material bangunan, seiring para pengunjung berdatangan setiap pekan nya melihat keindahan dan panorama Gunung Tusa oleh Anwar Barus berinisiatif untuk mendijadikan lokasi ini sebagai tempat Wisata.

Arti nama dari Bitampi ini di ambil dari singkatan (Bidadari Menetap Bumi) nama ini yang dibuat oleh Anwar Barus yang mendirikan Wisata ini.

Ilustrasi dari kata ini ketika pengujung perempuan yang sudah sampai pada puncak ketinggian gunung tersebut akan melihat kebawah seakan perempuan itu bidadari yang lagi menatap ke bimi (kebawah).

Untuk mengelilingi Gunung Tiusa ini membutuhkan waktu yang lama karena gunung ini memiliki ukuran yang panjang dan tinggi, maka para pengunjung hanya bisa pergi kepuncak ketingian saja hanya membutuhkan waktu sekitar satu harian saja untuk tiba diposisi semula.

Wisata Bitapmi Garden yang kelilingi Gunung Tuiusa ini ternya terdapat berbagai macam ragam hewan mulai dari jenis burung, kancil dll yang hinggap menjaga gunung tersebut.

Para pengunjung juga bisa berburu kancil menggunkan senapan Angin untuk dijadikan menu makan malam.

Potensi alam yang di milliki Wisata Bitapmi Garden ini  sangat menawan membuat kita nyaman untuk berlama-lama di situ sambil menikmati undara segar yang alami yang jarang kita temui dikota-kota.

Tempat ini sangat direkomendasikan untuk berlibur bersma teman dan bersama keluarga.

Wisata ini juga dikelilingi pohon pinang yang berbaris-baris untuk menghalagi cahaya matahari sehingga para penggunjung Nyaman untuk beraktifitas dan bersantai sambari menatap ketinggian gunung tiusa yang memnajakan mata.




Suasana yang khas ala khas Bitapmi Garden ini membuat para pengunjung nyaman untuk belama-lama duduk di situ bukan Cuma menkmati keindah alam akan tetapi bisa mendengar kicawan burung-burung yang berdatangan terbang diatas puncak tebing gunung itu.

Banyak diantara pengunjung yang datang ketempat ini membuat konten untuk dijadikan sebuah video atau film berlatar belakang gunung untuk menceritakan tentang kronologis gunung tiusa ini konon wilayah ini pernah dijajaki kolenial belanda pada penjajahan indonesia.

Digunung Tiusa ini masih ada peninggalan kerajaan pada jaman dulu,diantara seprti guha yang memiliki fasilitas layak nya sebuah rumah yang memiliki tempat tidur, bejana, baju dan piring tapi benda itu sudah terbentuk jadi menjadi batu.

Lokasi ini dekat dengan Wisata Bitapmi Garden sehingga para pengunjung mudah untuk melihat dan menyaksikan peninggalan kerajaan yang sudah lampau itu. Konon kerajaan di pulau ini hampir puluhan tahun-tahun.

Wisata ini sudah menjadi Indikasi Para penjelajah untuk mencari hal-hal yang unik disekitar Guha Gunung tiusa.

Banyak para pengunjung luar penasaran untuk melakukan jungle tercking di ditempat ini sambil melihat peninggalan sejarah pada masa lalu juga menikmati keindahan nunsa pemandangan yang memanjakan mata.

Itulah cerita singkat tentang Wisata Bitapmi Garden yang berada di Gunung Tusa dengan eksotisnya mulai mempakkan diri kekhalayak ramai beiringan dengan perkembangan Dunuia para wisata di kecematan Pulau Banyak Barat.

Penulis: Penulis Nendisyah Putra
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini