-->

Perbedaan Bahasa Suku Haloban Dengan Suku Devayan

REDAKSI

ACEH SINGKIL- Pulau Haloban yang terletak di Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh,  merupakan sebuah kerajaan Tuanku yang pernah ada sebelum Pemekaran Kabupaten Aceh Singkil. Haloban dulu di sebut sebuah Pulau Tuanku yang memiliki kerajan dan suku sendiri.

Pulau Haloban memiliki sejarah tersendiri baik dari segi bahasa maupun dari segi budaya dulunya penduduk Pulau Tuanku ini sering memakai bahasa haloban ketika hendak berbicara, sebelum Suku Nias dan dialek jame masuk ke Pulau tersebut.

Seiring berjalan nya waktu, bahasa tersebut mulai memudar dan hampir punah disebabkan pengaruh bahasa yang masuk ke pulau Tuanku tersebut yaitu bahasa Jame dan bahasa Nias. Sayang nya anak jaman minileal sekarang di pulau tersebut lebih menggunakan bahasa jame dari pada bahasa Haloban tersebut. Hal itu yang menyebabkan memudarnya bahasa Haloban.

Bahasa Haloban adalah Bahasa Terunan atau Dialek dari Bahasa Devayan yang terletak di Kabupaten Semelue. Bahasa tersebut Kerap digunakan di Pulau Haloban khususunya desa Asantola dan Haloban.

Bahasa tersebut memiliki perbedaan baik dari segi irama berbicara maupun arti antar kata. Berikut ini di antara perbedaan nya….?





Penjelasan di atas menyatakan bahwa pada awal nya bahasa Haloban dan bahasa Devayan merupakan satu rumpun bahasa. Namun, ada juga terdapat kosa kata yang berbeda bila di tuturkan kedua suku ini berbeda persepti bahkan tidak mengerti, dan ada banyak juga kosa kata yang berbeda di tuturkan menamun memiliki arti yang sama.

Kedua suku ini ketika berbicara atau menuturkan sesuatu ada yang mengerti dan ada juga kurang mengerti karna disebabkan berbeda penyebutan nya. Namun, hal ini terdapat sedikit kosa kata nya. Maka penulis tertarik mengkaji ulang dari sudut pandang kosa kata yang berbeda tujuan untuk mempertahan bahasa haloban tersebut.

Penulis: Nendisyah Putra
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini