-->

Pesona Dibalik Wisata Pemandian Air Dingin yang Memanjakan Mata

REDAKSI

ACEH SINGKIL - Wisata pemandian air dingin yang terletak di Desa Asantola, Kecamatan Pulau Banyak Barat, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh menjadi salah satu tempat Wahana Pemandian untuk liburan sekalian menikmati Alam sekitarnya. 

Wisata tersebut sudah menjadi tempat persinggahan baik tamu Lokal maupun tamu Tempatan, khusunya kaula muda yang hendak membersihkan diri dan menikmati kesejukan air nya yang dingin itu. Keindahan Alam yang Elok dan Arif itu membuat daya tarik setiap pengunjung yang datang ketempat tersebut, bukan hanya Air yang dingin akan tetapi pemamdang pulau-pulau sekitarnya bisa juga di nikamati.

Tempat tersebut bukan hanaya sekedar liburan saja, bisa juga tempat untuk besantai bersama keluarga dan tersedia tempat diskusi sambil menikmati kesejukan air nya yang alami dan keindahan alam yang ditumbuhi pepohon-pohon yang indah.

Tempat Wahana Pemandian tersebut di kelilingi oleh gunung-gunung sekitarnya, Udara yang segar tentu dapat di nikmati sepanjang waktu selagi berada di tempat itu. Hal yang unik tentu dapat ditemukan sambil duduk santai menikamti di tepian sungai yang dingin dan segar itu.

Kolam dengan ukuran panjang dan luas itu membuat para pengunjung bebas untuk berenang, Air nya yang alami berwarna biru dan tawar itu terdapat beberapa mata air yang tak pernah kering walapun di Landa musim kemarau berkepanjangan.

Fasilitas yang ada tentu berbeda di tempat lain, Pemandian Air dingin menggunakan pemanfaatan yang khas daerah itu. Seperti tempat duduk dirangkai menggunakan Bambu yang di poles dengan kayu yang serupa. 

Kemudian Kayu Rotan di manfaatkan sebagai tempat santai seperti tempat duduk sambil berbaring. Selain tempat besantai, Wahana Air dingin juga menyediakan kantin yang terbuat dari kayu yang di rangkai sesuai standarnya, dengan dihiasai lantai menggunakan fafing blok, dan di kelilingi oleh tumbuhan pinang yang berbaris.

Bukan hanya menikmati Pesona air yang dingin saja, akan tetapi dapat menghirup udara segar yang jarang di temui di kota-kota. Udara yang alami itu membuat tubuh kita menjadi sehat. Selain itu, suara burung-burung berkicowan juga menghiasi sekitaran gunung itu terasa kita berteman dengan mereka, begitulah alaminya tempat tersebut.

Lokasi Wisata Pemandin Air Dingin tidaklah jauh dari pemukiman masyarakat setempat hanya berjarak sekitar 3 kilo meter atau menghabiskan waktu sekitar 30 menit untuk berjalan kaki melewati  releng gunung Tiusa, bisa juga menggunakan speed bot atau perahu  hanya 15 menit saja, seraya menikmati ikan-ikan laut yang lagi berenang di permukaan yang biru itu.

Pembangunan Wisata Air dingin tersebut di kelola oleh BUMDES Asantola Bangkit, bertujuan menciptakan Wisata yang religi berbasis Islami, tidar terlepas juga peran para generasi Asantola Maju memberikan kontribusi, baik ide, tenaga dan gagasan untuk mewujudkan pencapaian yang siap berkiprah di dunia Wisata dengan tujuan agar dapat dinikmati seluruh masyarakat Indonesia.

Pemanfaatan lahan tersebut sebagai bentuk Rasa syukur kepada Tuhan yang telah mengkaruniakan perhiasan dunia ini untuk kita lestarikan sebagaimana baik nya, itulah sebagai bentuk rasa syukur kita terhadap penciptaanya.
Laut yang menghiasi Pinggiran Wisata Air Dingin tampak jernih sampai ke dasar lautnya akan tampak terumbu karang yang beranekaragam di bawah Laut itu, setelah memasuki lokasi tersebut tampak juga terlihat pohon bakau yang menyir pintu masuk. 

Menyisir langsung ke dalam kelokasi tersebut ada sebuah pondok untuk duduk santai sambil menikmati segelasi kopi panas untuk menstabilkan tubuh karna air nya yang dingin itu, pondok itu bernama Kopi Ingkar Janji.

Wahana Wisata Air Dingin bukan hanya menyedikan minuman kaleng, akan tetapi tersedia juga Minuman dan makanan khas kuliner Desa Asantola yang bisa dinikmati bersama rekan, keluarga yang tidak habis rasa manis dan pedas nya.

Beberapa Transportasi juga tersedia untuk menjemput dan mengantar para tamu atau penumpang yang hendak ke tempat Wisata Air Dingin tersebut yaitu dengan menggunakan Seepd Bot, siap juga untuk melayani tamu untuk keliling Pulau terdekat.

Hebat nya lagi, terdapat Taman Cinta yang di hiasi bunga-bunga berwarna di sekitarnya. Tempat itu bisa dinikmati bagi tamu-tamu yang hendak berbulan madu sambil bersenang-senang menghilangkan penat yang lagi melanda. 

Disisi lain, bisa juga kita nikmati sensasinya bersama Wisata Air Dingin yang menghiasi Gunung Tiusa itu terus berlangsung di benahi setiap hari nya. Bukan saja tempat orang dewasa, akan tetapi terdapat juga tempat khusus kanak-kanak untuk bermain bersama bunda nya, untuk menghilangkan tangis sibayi. Sarana-prasarana tentu menggunakan bahan yang alami. 

Dilokasi itu, juga terdapa beberapa pondok yang berukuran lebar dan di Pagari dengan bambu hijau beratapkan daun Sagu kemudian di lengkapi meja yang di kemas begitu sakral di daerah itu. 

Kemudian ada juga Jembatan yang terbuat dari bambu yang dibentuk seperti rakit untuk menghiasi air sungai dan sebagai tempat duduk bersama kawan sejawat sambil nongkrong dan curhat.

Bukan itu saja, Wisata Religi ini juga mengedepankan kebersihan alam sekitarnya. Setiap tamu yang berada di lokasi dilarang membuang sampah semberangan, karna bisa mengakibatkan pencemaran sehingga bisa merusak alam sekitar. 

Slogan yang terpampang berisaratkan membuanglah sampah pada tempat yang telah di sediakan. Setiap tamu akan di pandu oleh petugas.

Untuk menjaga alam agar bersahabat dengan manusia begitulah penerapan kebersihan di wisata air dingin ini, karna sampah yang buat virus bagi pertumbuhan alam dan terunbu karang.

Setiap sudut nya tampak banyak bibit-bibit pohon yang baru ditanam guna menciptakan penghijauan agar pohon semakin tumbuh mewarnai Wahana pemandian, bukan sekedar perlindungan saja. 

Wisata Air Dingin juga banyak kita dapati Hamock setiap pohon yang rindang sudah tersedia bagi pengunjung yang datang untuk beristirahat melelapkan mata untuk istirahat sambil mengambil momen saja sebagai bukti pernah singgah di Wisata Air Dingin Pulau Banyak Barat. Juga bisa kita lihat keindahan Gunung Tiusa dari tepian sungainya, keindahan gunung tersebut mewarnai hijau nya Pemandian Air Dingin guna memberi perlindungan dari sinar matahari sehingga para pengunjung nyaman untuk mandi dan bermain.

Wisata Air Dingin juga banyak di kunjungi para petinggi-petinggi kabupaten Aceh Singkil seperti Bupati Aceh Singkil dan Jajarannya, setiap berkunjung kerja ke Pulau Banyak dan Pulau Banyak Barat tidak luput untuk singgah ke Wisata Wahana Pemandian Air Dingin untuk menghilangkan sedikit penat sambarang melihat hutan kota dan Mandi disungai yang diingin itu.

Bukan itu saja para Tamu luar yang hendak berlibur ke Pulau Banyak, pasti rehat sejenak ketepian Pemandian Air Dingin untuk menikmati udara yang segar sambil menikmati kesejukan air yang alami itu sambil mencicipi makanan khas Wisata Air Dingin. 

Kapsitas Para Pengunjung setiap hari berkisar Puluhan orang baik dari tamu Lokal maupun tamu luar. Wisata Air Dingin terus melakukan Inovasi agar dapat melayani Tamu dengan Baik dan dapat menikmati semua sarana yang ada.
Begitulah cerita singkat Wisata Pemandian Air dingin yang berada di Pulau Banyak Barat yang di kelola oleh BUMDES Asantola Bangkit dan Para tokoh muda-mudi yang ingin menjadikan wisata Religi dan Arif sesuai dengan Daerah tersebut. 

Penulis: Nendisyah Putra (Bekerja di UPTD SPF SMP N 2 Pulau Banyak Barat)


Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini