-->

 


Dihadiri Muspika, Puskesmas Gunung Meriah Gelar Lokakarya Mini Lintas Sektor

REDAKSI

Rangkaian Kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Puskesmas Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Bertempat di Aula Kantor Kecamatan Gunung Meriah, terlaksana Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Puskesmas Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil. Selasa (15/12/2020).

Hadir dalam kegiatan Lokmin, Camat Gunung Meriah, Johan Pahmi Sanip, Danramil 0109-03/Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius, Kapolsek Gunung Meriah, Ipda Mulyadi, Kepala Puskesmas Gunung Meriah, Haryono, Kepala Desa dalam Kecamatan Gunung Meriah.

Hadir juga Kasi Kesling Kesjaor Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Singkil, Ike Matafani,SKM, para Bidan Desa dan perwakilan masyarakat dalam Kecamatan Gunung Meriah.

Rangkaian Kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Puskesmas Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

Camat Gunung Meriah Johan Pahmi Sanip saat membuka acara Lokmin mengatakan dengan adanya kegiatan ini kita akan segera melakukan koordinasi dan silaturahmi secara rutin.

Selain itu, pihaknya bersama instansi terkait juga akan segera menindaklanjuti hasil pertemuan ini dengan strategi aksi pada tataran masyarakat, dengan memanfaatkan potensi lokal secara aktif dan kreatif.

"Dengan adanya masukan dan saran dari masyarakat yang diwakili oleh para Kades dan pihak terkait lainnya tentu akan kita bangun strategi aksi yang akan segera dilakukan," katanya.

Johan mengatakan pihaknya bersama-sama stekholder terkait dan masyarakat tentunya akan lebih peduli dan berperan aktif dalam menyelesaikan masalah kesehatan.

Ia juga meminta agar para Kades untuk lebih aktif mendata seluruh masyarakatnya yang memerlukan kebutuhan kesehatan.

Sementara itu, Kapolsek Gunung Meriah, Ipda Mulyadi menegaskan bahwa Covid-19 bukan aib. Untuk itu, apabila ada warga yang positif terkonfirmasi Covid-19 atau memiliki gejala Covid-19 agar segera smelapor ke satgas Covid-19 Kecamatan atau ke Muspika Gunung Meriah.

Rangkaian Kegiatan Lokakarya Mini (Lokmin) Lintas Sektor Puskesmas Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil.

"Jika benar ada warga yang melaporkan, maka Kami dari Muspika Gunung Meriah bersama pihak terkait akan turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan," ujarnya.

Mulyadi yang juga mewakili Muspika Gunung Meriah untuk menghimbau kepada seluruh kepala Kampung agar memyampaikan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya untukencegah penularan Covid-19.

Disamping itu, Muspika juga mengharapkan kerjasama dari para Kepala Kampung dalam upaya pendisiplinan penerapan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan yang sama, Danramil 0109-03/Gunung Meriah Kapten Inf Dahlius menjelaskan bahwa kegiatan Lokmin adalah kegiatan untuk kerja sama lintas sektor serta untuk mensinergikan semua program yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

"TNI dalam hal ini Koramil 0109-03/Gunung Meriah beserta jajaran tentunya sangat mendukung dan siap membantu Puskesmas dalam mensukseskan program yang sudah disetujui," ujarnya.

Disamping itu, kata Danramil, pihaknya juga sudah menginstruksikan kepada para Babinsa untuk ikut serta berperan aktif dalam mendampingi para Bidan maupun pemerintah Desa dalam memberikan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Gunung Meriah, Haryono mengatakan kegiatan Lokmin bertujuan untuk memahami masalah-masalah kesehatan di masyarakat.

Kepala Puskesmas Gunung Meriah, Haryono.

Apalagi, sambungnya, Kita masih dalam situasi Pandemi Covid-19, maka dari itu kesehatan masyarakat merupakan tanggung jawab bersama, dan bukan hanya menjadi tugas para petugas kesehatan di Puskesmas dan jajaran.

Haryono menjelaskan masalah-masalah kesehatan adalah masalah di bagian hilir, dimana masalah-masalah di hulu memerlukan bantuan dan dukungan dari bidang-bidang lainnya.

"Semoga dengan kegiatan ini kita bersama Muspika Gunung Meriah berkomitmen untuk melakukan komonikasi intensif dalam rangka transfer informasi masalah-masalah kesehatan, salah satunya dengan hadir secara aktif dalam lokakarya mini (Lokmin) 3-bulanan di Kecamatan atau Puskesmas," harap dan jelasnya.

Kegiatan ditutup dengan penandatangan kesepakatan unsur Muspika dan Kepala Desa untuk menindaklanjuti hasil Lokmin tersebut dengan aksi yang nyata. (Jamal)





Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini