-->

 


Akibat Luapan Sungai Lae Soraya, 3 Desa di Sultan Daulat Terendam Banjir

REDAKSI author photo

SINGKILTERKINI.NET, SUBULUSSALAM - Tiga desa di Kecamatan Sultan Daulat, Kota Subulussalam, Aceh terendam banjir usai diguyur hujan deras, sejak beberapa hari terakhir ini.

Danramil 0118-04/Sultan Daulat Kapten Inf Gunawan menyebutkan, berdasarkan hasil monitoring dilapangan banjir akibat luapan Sungai Lae Soraya ikut merendam pemukiman penduduk di tiga desa di wilayah Kecamatan Sultan Daulat dengan ketingian debit air yang bervariasi.

“Ketiga Desa yang terendam bajir meliputi Desa Suka Maju, Jabi-Jabi dan Desa Sigrun,” ujar Gunawan sapaan akrabnya kepada Singkilterkini.net, Sabtu (5/12/2020) di Subulussalam.

Menurutnya, banjir yang merendam pemukiman penduduk tersebut dikarenakan tingginya curah hujan yang melanda wilayah Kota Subulussalam dan Kabupaten Tetangga sejak beberapa hari terakhir. Akibat tingginya curah hujan, sambungnya, mengakibatkan debit air Sungai Lae Soraya meninggi hingga meluap kepemukiman penduduk yang berada di bantaran Sungai Lae Soraya.

“Sampai saat ini air Sungai Lae Soraya masih meluap dan sudah memasuki pekarangan rumah warga yang ada di pinggiran Sungai Lae Soraya,” sebutnya.

Disampaikan Danramil, untuk debit air banjir yang merendam pemukiman penduduk di Desa Suka Maju berkisar antara 5-10 cm. “Sampai saat ini warga di Desa Suka Jaya masih bertahan di rumah mereka masing-masing dan belum ada yang mengungsi,” ungkapnya.

Sedangkan debit air yang merendam pemukiman penduduk di Desa Jabi-Jabi berkisar antara 40-50 cm. “Di Desa Jabi-Jabi ada sekitar 20 Unit rumah yang terendam banjir dan untuk akses jalan masih bisa dilewati kendaraan roda dua. Untuk Warga juga belum ada yang mengungsi,” tuturnya.

Sementara untuk debit air yang merendam pemukiman penduduk di Desa Sigrun berkisar antara 40-50 cm. “Di Desa Sigrun ada sekitar 30 Unit rtumah warga yang terendam banjir. Untuk akses jalan Desa menuju Desa Bawan saat ini sudah tidak dapat dilewati kendaraan roda dua, dan warga juga masih bertahan dirumah mereka masing-masing,” sebutnya.

Kapten Inf Gunawan menghimbau kepada warga khususnya warga yang berdomisili di seputaran Sungai Lae Soraya agar tetap waspada dan siaga terhadap kemungkinan terjadinya peningkatan debit air. (Jamal)

 

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini