-->

Training Virtual Komite Bisa, Upaya PT PLB Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Masa Pandemi

REDAKSI author photo
Kegiatan' Training Virtual Komite Bisa

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Pandemi Covid-19 memengaruhi hampir seluruh sendi kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Namun komitmen PT Astra Agro Lestari dalam memajukan dunia pendidikan patut diapresiasi. 

Meski di masa pandemi Covid-19, melalui anak perusahaannya PT. Perkebunan Lembah Bakti yang beroperasi di wilayah Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh, PT. AAL tetap ikut berkontribusi dalam peningkatan mutu pendidikan, salah satunya dengan menyelenggarakan kegiatan 'Training Komite Bisa' dalam bentuk virtual. 

Kegiatan' Training Komite Bisa' ini dilaksanakan selama dua hari (26 – 27 Oktober 2020) ini melibatkan 22 sekolah negeri dan swasta dari jenjang TK, SD, SMP dan SMU/SMK.

Sebanyak 52 orang peserta yang terdiri dari Kepala sekolah, guru, dan perwakilan komite sekolah juga menjadi peserta kegiatan training virtual ini. Walaupun dilaksanakan secara virtual, peserta tetap aktif mengikuti kegiatan.

Perwakilan PT PLB Aceh Singkil Riduan

Perwakilan PT. PLB Aceh Singkil Riduan Manik pada saat membuka kegiatan Training Komite Bisa meyampaikan kemajuan pendidikan bertumpu pada kualitas sumber daya yang ada. 

Oleh karena itu, kata Riduan, perusahaan khususnya Astra Agro Lestari (AAL) melalui Program Astra Cerdas tetap berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan sehingga keberadaan perusahaan dapat memberi kontribusi positif bagi masyarakat sekitar. 

Kegiatan training Komite Bisa ini, sambungnya, diharapkan dapat mewujudkan terjalinnya sinergitas yang baik antara pihak orang tua, komite sekolah dengan pihak sekolah sehingga mutu pelayanan pendidikan semakin baik pula.

"Semoga orang tua siswa, komite sekolah dan sekolah dapat bekerja sama dalam menyelenggarakan pendidikan yang bermutu meski dalam masa pandemi Covid-19 ini," harapnya.

Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil, Sugiarto

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Sugiarto S.Pd yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Singkil, Sahrul selaku CDO PT. PLB Syahrul, Intan Nurcahayani (Education & Sosial Engagement Departement) dari Head Office Jakarta, Catur Wibowo, S.Pd selaku Guru Pembina PT. PLB, Saiful dan Acih Suarsih selaku pemateri dari Yayasan Sakola Berbagi.

Dalam kesempatan itu, Sugiarto yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Singkil Khalilullah dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada PT. PLB yang sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat membantu proses peningkatan mutu pendidikan di kabupaten Aceh Singkil. 

Sugiarto juga mengharapkan agar perusahaan di bawah naungan PT Astra Agro Lestari untuk tetap terus berkomitmen dalam mewujudkan pendidikan berkualitas di Kabupaten Aceh Singkil. 

Sementara itu, Sahrul selaku CDO PT. PLB Aceh Singkil dalam sambutannya menyampaikan bahwa PT PLB akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan kontribusi positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat terutama masyarakat di sekitar perusahaan.

Sahrul juga mengharapkan kepada peserta agar setelah mengikuti seluruh rangkaian kegiatan training Komite Bisa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di sekolah masing-masing.

Peserta


Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Training Komite Bisa, Catur Wibowo menjelaskan bahwa kegiatan Training Komite Bisa merupakan kegiatan training yang pertama kalinya dilakukan dalam bentuk virtual dengan menggunakan aplikasi Meeting Zoom. 

Menurutnya, kegiatan itu dilaksanakab dalam rangka mendukung kebijakan perusahaan yang mengharuskan seluruh anak karyawan belajar melalui sistem BDR (Belajar Dari Rumah). Untuk itu, sambungnya, Komite Sekolah diharapkan dapat bersinergi dalam pelaksanaan BDR. 

"Kondisi seperti saat sekarang ini, komite sekolah perlu juga untuk mengingatkan kembali bahwa keselamatan dan kesehatan anak-anak dan keluarga adalah hal yang paling utama," kata Catur Wibowo yang juga selaku guru pembina di PT. PLB Aceh Singkil.

Sementara itu, Mulyadi, S.Pd, salah seorang guru SD Negeri Tulaan, Gunung Meriah, menyambut baik kegiatan training virtual 'Komite Bisa' yang di gelar oleh PT. PLB Aceh Singkil. Dengan adanya kegiatan ini, tambahnya, diharapkan dapat menambah pengalaman dan pengetahuan para guru terutama dalam pelaksanaan kegiatan BDR.

"Terimakasih atas semua ilmu yang disampaikan, semoga dapat kami terapkan di sekolah kami masing-masing dengan baik,” tambah Erni Suzanna, salah seorang guru SMP Negeri 3 Gunung Meriah.

Kepedulian perusahaan juga ditunjukkan dengan memberikan bantuan media pembelajaran software kepada sekolah binaan Ring 1 PT. PLB sebagai upaya mendukung proses pembelajaran sistem Daring (dalam jaringan) dan Luring (luar jaringan). 

Sofware media pembelajaran ini dapat diaplikasikan dalam proses BDR sehingga memudahkan guru dan siswa dalam mewujudkan pendidikan yang bermakna dan berkualitas meski dalam masa pandemi Covid-19. (Red/Rel)

Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini