-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Serma Donal Sikumbang Dampingi Camat Singkil Terima Rombongan Peziarah Makam Syekh Abdurrauf As-Singkili

    REDAKSI
    Sunday, August 23, 2020, Sunday, August 23, 2020 WIB Last Updated 2020-08-23T03:42:22Z

    SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Danramil 0109-02/Singkil, Kapten Inf Bambang S di wakili oleh Serma Donal Sikumbang mendampingi Camat Singkil, Sopian, SH menerima para peziarah Makam Syekh Abdurrauf As-Singkili berlangsung di Menasah Komplek Pemakaman Desa Kilangan, Aceh Singkil. Jumat (21/8/2020).

    "Para peziarah Makam Syekh Abdurrauf As-Singkili merupakan warga asal provinsi Sumatera Barat," kata Serma Donal Sikumbang dalam keterangannya kepada Singkilterkini.net.

    Ia menjelaskan bahwa Desa Kilangan, Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil termasuk salah satu Desa yang menjadi tujuan utama para peziarah dari berbagai daerah, baik dari dalam maupun dari luar Aceh seperti dari Sumatera Barat.

    "Para peziarah ini mendatangi Desa Kilangan dengan tujuan untuk berziarah ke Makam Syekh Abdurrauf AS-Singkili," ujarnya.

    Syekh Abdurrauf merupakan salah satu ulama besar yang memiliki pengaruh besar dalam penyebaran agama Islam di wilayah Sumatera dan Nusantara pada umumnya.


    Makam Syeh Abdurrauf terletak di bibir Sungai Singkil, sekitar 5 KM atau 8 menit dari ibu kota Kabupaten Aceh Singkil. Selain itu, bagi para penziarah dari luar Aceh bisa menuju ke makam Syekh Abdurrauf melalui perjalanan laut, darat, dan udara.

    Untuk posisi Makam berada di dalam bangunan dengan ukuran 14M x 7 M dengan dinding porselen warna hijau dan putih. Bentuk bangunan seperti Masjid menciptakan nuansa Islami di makam ini.

    Di tengah ruangan merupakan makam Syekh Abdurrauf yang di atasnya terdapat bebatuan putih, kulit kerang besar, dan ditutupi kelambu, hasil sumbangan dari para pengunjung. Di dalam bangunan makam tersebut juga disediakan buku-buku agama dan perlengkapan shalat.

    Salah satu penjaga Makam Syekh Abdur Rauf sejak tahun 2001, Asmuddin, mengatakan, Makam Syekh Abdurrauf dironivasi pada tahun 1987.

    Saat ditemukan makam hanya berupa bangunan kayu beratap rumbia. Makam diperkirakan sudah ada sejak tahun 1100 masehi dengan ukuran 9 x 1 Meter. (Red)
    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Headline

    +