-->

Camat dan Batituud Koramil 02/Rundeng Ajak Masyarakat Aktifkan Kembali Seni Tari Wakhaat

REDAKSI
Seni Tari  Wakhaat

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Batituud Koramil 02/Rundeng Kodim 0118/Subulussalam Pelda Sever Sembiring dan Camat Rundeng Irwan Faisal mengajak masyarakat untuk mengaktifkan kembali seni tari Wakhaat (Silat Wihayat) di wilayah Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam.

"Seni Tari Wakhat ini merupakan kekayaan budaya tradisional Singkil pinggiran Sungai Lae Souraya yang  biasanya digelar dalam adat pesta perkawinan dan belakangan ini seni tari tersebut sudah  menghilang dan perlu dilestarikan kembali," kata Camat Rundeng, Irwan Faisal dalam keterangannya kepada Singkilterkini.net, Jumat (7/8/2020).

Seni Tari Wakhaat
Sementara itu, Pelda Sever Sembiring mewakili Danramil 02/Runding mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan serta menggali kembali seni Tari Warkhat. Karena, sambungnya, seni tersebut merupakan warisan dari leluhur yang harus dilestarikan sehingga tidak sirna akibat pengaruh budaya lain.

"Kami dari Koramil 02/Rundeng tentunya siap mendampingi untuk melatih warga masyarakat khususnya di wilayah Kecamatan Rundeng," ujar Pelda Sever Sembiring. 

Sumber: Pendim 0108/Subulussalam
Komentar Anda

Berita Terkini