-->

Kopda Aris Rizal Bantu Penyembelihan Hewan Kurban

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Babinsa Desa Kaingolong Koramil  04/Simpang Kanan Kodim 0109/Aceh Singkil Kopda Aris Rizal membantu kegiatan penyembelihan hewan kurban. Acara tersebut dilaksanakan di pelataran Masjid Istiqomah Desa Kain Golong Kecamatan Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil, Jum'at (31/7/2020 ).

"Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini dilaksanakan tujuan untuk melaksanakan perintah Allah SWT agar menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha," jelas Aris.

Pada tahun ini, panitia Masjid yang dipimp8n Ustad Sukri menyembelih hewan kurban sebanyak, 5 ekor sapi, 6 ekor kambing yang berasal dari sumbangan Jamaah Masjid Istiqomah yang terketuk hatinya untuk menyisihkan sebagian hartanya untuk mendermakan hewan kurbannya.

Kegiatan yang dilakukan Aris tersebut sebagai upaya untuk membina hubungan silatuhrami antara TNI dengan rakyat khususnya Koramil 04/Simpang kanan agar tercipta keharmonisan dan keakraban.

Salah satu tugas yang dilaksanakan oleh Babinsa adalah ikut serta berperan aktif memberikan pendampingan dan membantu  pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, hingga pelaksanaan pembagian daging pada Idul Adha 1 Dzulhijah 1441 atau 31 Juli 2020 berjalan dengn tertib dan lancar.

"Hukum melaksanakan qurban (kurban) pada dasarnya adalah sunnah muakkad (sunnah yang diutamakan). Artinya, ibadah qurban sangat dianjurkan bagi setiap umat Muslim yang mampu (finansial dan tidak terlilit hutang), baligh, merdeka, dan berakal sehat," terang Aris

Nantinya, daging hewan kurban yang sudah disembelih akan dibagikan kepada orang-orang sekitar dan sebagian lagi disedekahkan.

"Adapun orang-orang yang boleh menerima daging kurban diantara adalah shohibul Qurban (orang yang berkurban ), sahabat, rekan dan tetangga serta fakir dan miskin," jelas Aris Rizal mengutip dari beberapa hadist shahih. (Fd)
Komentar Anda

Berita Terkini