-->

Imbas Virus Corona Stok Darah di RSUD Aceh Singkil Nyaris Kosong, BFLF Ajak Masyarakat Donor Darah

REDAKSI
SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL- Sejak merebaknya virus carona (Covid-19) yang sempat mengempar berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Saat ini, ketersedian stok darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Aceh Singkil nyaris mengalami kekosongan.

Menyikapi hal itu, pegiat sosial dari BFLF mengajak kepada masyarakat Aceh Singkil untuk tetap mendonorkan darahnya dengan cara mendatangi langsung ke bagian Unit Transfusi Darah di RSUD Aceh Singkil.

"Kepada para pendonor darah baik pemula maupun yang sudah rutin mendonorkan darahnya jika sudah saatnya donor darah agar kiranya dapat mendatangi bagian unit transfusi darah RSUD Aceh Singkil," kata Ketua Harian BFLF Aceh Singkil, Darwis dalam rilisnya yang diterima Singkilterkini.net, Senin (30/3/2020).

Dijelaskannya, dalam situasi darurat wabah virus corona, BFLF Aceh Singkil belum dapat membuat aksi sosial donor darah massal seperti yang biasa dilakukan dengan ikut bekerjasama dengan pihak RSUD Aceh Singkil dalam mengatasi kelangkaan stok darah.

"Mendonorkan darah selain baik untuk kesehatan pendonor, juga dinilai sudah ikut serta membantu menyelamatkan para pasien yang membutuhkan transfusi darah," ujar Darwis.

Disampaikannya, berdasarkan informasi yang di peroleh BFLF dari RSUD Aceh Singkil, bahwa stok darah sejak Senin 30 Maret 2020 yang tersedia hanya golongan darah O sebanyak 4 kantong. Sedangkan untuk stok darah golongan darah A, B dan AB sudah kosong.

Padahal kata Darwis, hampir setiap hari selalu ada pasien RSUD Aceh Singkil yang sangat membutuhkan akan transfusi darah.

Ia juga mengungkapkan rasa prihatin melihat keluarga pasien, disamping mereka harus menjaga pasien juga merwka harus berjuang untuk mencari pendonor darah sukarela dan tidak jarang tenaga medis harus menunda tindakan yang akan diambil, dikarenakan harus menunggu ketersedian darah untuk pasien. (Jml/Red)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini