-->
  • Jelajahi

    Copyright © Singkil Terkini
    Penerbit PT Media Singkil Terkini

    Iklan

    Budidaya Ikan Tawar Sumber Mata Pencaharian Warga Sempor

    Monday, March 09, 2020, Monday, March 09, 2020 WIB Last Updated 2020-03-09T13:14:17Z

    SINGKILTERKINI.NET, KEBUMEN - Apa Budidaya ikan keramba?? Pastinya hampir setiap orang mengetahui bahwa budidaya ikan keramba merupakan budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan aliran sungai, rawa atau danau.

    Seperti budidaya keramba apung yang dilakukan oleh bapak Tukul warga Dukuh Kaliputih RT. 07 RW. 02 Desa Sempor, Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen ini  memelihara ikan tawar jenis nila di area Waduk Sempor. Menurut Tukul, pembudidayaan ikan tawar dengan cara keramba apung ini sebagai sumber mata pencahariannya warga sekitar.

    Saat ini budidaya ikan air tawar dengan keramba apung yang ramah lingkungan dan berkelanjutan sangat di butuhkan guna memenuhi kebutuhan konsumsi ikan di Desa Sempor dan sekitarnya.

    Pada Hari Senin (9/3/2020) Sertu Tony Ismoyo Babinsa Desa Sempor anggota Koramil 03/Sempor saat melakukan komunikasi sosial (komsos) dengan Tukul warga RT. 07 RW. 02 Desa Sempor,  membuktikan bahwa budidaya ikan air tawar melalui keramba apung dapat pemenuhan kebutuhan protein hewani yang terjangkau bagi masyarakat bawah.

    Lebih lanjut menurutnya, bahwa dengan adanya keramba apung mampu memberikan multiplier effect atau efek ganda terhadap penyerapan tenaga kerja, baik langsung maupun tidak langsung seperti membuka lapangan pekerjaan untuk pembenihan, pembuatan pakan ikan, hingga pemilik warung makan.

    Dengan demikian keramba apung selain menjadi sumber favorit protein hewani yang sangat di andalkan, juga menjadi sektor andalan bagi warga Desa Sempor dalam  pemenuhan sumber protein serta menjadi lahan pekerjaan guna meningkatkan perekonomian bagi warga Desa Sempor khususnya. (Sty)


    Sumber: Pendim Kebumen

    Komentar

    Tampilkan

    No comments:

    Post a Comment

    Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

    Terkini

    Headline

    +