-->

TMMD Kodim Aceh Singkil Wujud Sinergi Membangun Negeri

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET,ACEH SINGKIL - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Tahun Anggaran (TA) 2021 Kodim 0109/Aceh Singkil kembali diselanggarakan di Kecamatan Singkil Utara Kabupaten Aceh Singkil. 

Tahun ini mengusung tema "TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri" yang melibatkan Pemerintah Daerah dan masyarakat setempat.

Penandatanganan dan penyerahan naskah serah terima proyek oleh Bupati Aceh Singkil Dulmusrid kepada Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Yudho Widiharto, S.I.P, selaku Dansatgas di Lapangan Upacara Kodim 0109/Aceh Singkil Desa Keutapang Indah, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa (07/07/2021).

Satuan Tugas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-111 Kodim 0109/Aceh Singkil melakukan kegiatan sasaran fisik di Desa Gosong Telaga Utara, Kecamatan Singkil Utara, Kabupaten Aceh Singkil.  

Lokasi tersebut sebelumnya merupakan rawa dan tanah gambut yang tak terjamah.  Namun dengan adanya TMMD kini berubah menjadi jalan desa, yang dapat dilalui, baik kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

TMMD Reguler ke-111 telah dimulai pada sejak 15 Juni 2021.  Sasaran pembangunan fisik yang paling utama yaitu pembangunan jalan sepanjang 1.978 meter.   

Selain itu, juga dilakukan pembangunan jembatan sebanyak 3 unit.  Serta pembuatan gorong-gorong 2 unit dan normalisasi pembuangan saluran air sepanjang 2.500 meter untuk mencegah banjir tahunan yang kerap terjadi di daerah tersebut.

Selain memiliki sasaran fisik, TMMD reguler ke-111 juga memiliki sasaran non fisik yaitu penyuluhan ikan air payau dari Dinas Perikanan, Penyuluhan Pertanian dari Dinas Pertanian, Penyuluhan Narkoba dari Polres Aceh Singkil, Penyuluhan Wasbang dan Bela Negara dari Kodim, Penyuluhan Kesehatan (Stunting-Posyandu-Posbindu PTM) dari Dinas Kesehatan, Penyuluhan KB Kes dari Dinas DP3AP2KB.

Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Czi Yudho Widiharto, S.I.P, selaku Dansatgas TMMD Reguler ke-111/Aceh Singkil, mengatakan pemilihan lokasi TMMD di desa Gosong Telaga Utara, yaitu sesuai dengan persyaratan, yang berkaitan dengan penanggulangan bencana.

"Syarat yang memang disyaratkan dari Pimpinan, salah satunya adalah keterkaitan dengan penanggulangan bencana.  Kenapa di Gosong Telaga, selain memang sebelumnya ada permasalahan banjir di wilayah Gosong Telaga.  Jadi kita merencanakan untuk membuat jalur alternatif, sehingga masyarakat tidak terputus aksesnya jika terjadi banjir," kata Dansatgas.

Ditambahkan Dandim, alasan penting lainnya yaitu untuk pengembangan daerah menjadi lahan bermanfaat dan lahan produktif bagi masyarakat.   Menurutnya, dengan pembukaan jalan lokasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk pemukiman dan perluasan pertanian.

"Bisa dikatakan 80 persen daerah rawa, sehingga akses ke dalam susah. Sehingga kalau tidak ada jalan masuk, bagaimana masyarakat akan mengembangkan daerah tersebut.  Seperti yang saya sampaikan tadi, sebagai jalur alternatif dari akses yang sebelumnya terkena banjir.  Yang kedua dengan adanya jalan pemanfaatan wilayah sebagai daerah pemukiman, pengembangan pemukiman, maupun pertanian.  Juga sebagai akses untuk menyalurkan hasil perkebunan ataupun pertanian," papar Dandim.

Sementara itu Bupati Aceh Singkil Dulmusrid, saat membacakan sambutan tertulisnya, menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada TNI, warga masyarakat, dan semua pihak atas kesiapannya untuk melaksanakan kegiatan TMMD tahun ini.

Menurutnya, tema yang diusung ini merupakan dukungan nyata TNI bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat baik melalui kegiatan pembangunan fisik ataupun nonfisik, serta merupakan komitmen TNI dan pemerintah daerah dalam melestarikan kegotongroyongan dan meningkatkan masyarakat untuk membangun Kabupaten Aceh Singkil.

"Oleh karena itu sinergi antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat hendaknya dapat terus kita jaga dan pelihara sebagai bentuk pengabdian kepada Bangsa dan Negara," ungkap Dulmusrid.

Dikatakan, TMMD bukan semata membangun sarana dan prasarana umum, akan tetapi program yang dilaksanakan secara terpadu dan lintas sektoral, ini juga membangun semangat dan kepercayaan diri masyarakat untuk mampu mengelola potensi yang dimiliki.

Program TMMD reguler ke-111 ini mendapat apresiasi masyarakat setempat.  

Kepala Desa Gosong Telaga Utara, Mohd Dhin mengatakan mendapat dampak positif atas pengerjaan jalan di lokasi tersebut.

Daerah yang sebelumnya berupa jalan buntu, kini terbuka, dan dapat memperluas pemukiman.

"Selama ini jalan buntu.  Alhamdullilah sesudah dibukanya TMMD yang ke-111, kami sangat merasakan dampak positifnya.  Pertama sekali, dengan jalan ini kami akan membuka disana jalan lagi, kami buat jembatan, dan ini menjadi sebuah perkampungan.  Karena di desa kami sedikit agak padat, akan tetapi disini, dengan adanya TMMD ini, hutan-hutan ini akan kita jadikan sebuah kampung," tuturnya.

Saat ini personil Satgas TMMD Reguler ke-111 Kodim 0109/Aceh Singkil terus berupaya mengerjakan seluruh sasaran fisik dan non fisik.  Tak kenal lelah, seluruh anggota bekerja tanpa memperdulikan hari libur, maupun kondisi cuaca.

Semuanya bekerja setiap hari agar pekerjaan dapat selesai sesuai dengan target yang ditetapkan. (Rel)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini