-->

Tokoh Masyarakat dan Ormas Bersama Polres Aceh Singkil Deklarasikan Tolak Unjuk Rasa Anarkis

REDAKSI


SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Tokoh Masyarakat, Agama dan Ormas bersama Polres Aceh Singkil, mendeklarasikan penolakan unjuk rasa anarkis atau unjuk rasa jalanan yang bertentangan melawan hukum digelar di halaman Polres Aceh Singkil, Senin (19/10/2020).

Kapolres Aceh Singkil, AKBP Mike Hardy Wirapraja mengatakan bahwa deklarasi para tokoh masyarakat, Agama dan ormas tersebut merupakan bentuk kepedulian mereka yang menginginkan agar kondisi di Kabupaten Aceh Singkil tetap aman dan kondusif. 

Menurut Kapolres, apabila ada perbedaan pendapat ada baiknya untuk diselesaikan melalui musyawarah. Apalagi, sambungnya, Negara Indonesia merupakan negara hukum dan demokrasi sehingga setiap ada sikap perbedaan pendapat perlu dihormati bersama dengan tidak ikut serta melakukan hal-hal yang dapat bertentangan dengan peraturan perundang-undang.

Mike Hardy Wirapraja juga menyarankan kepada masyarakat atau pihak yang terkait, apabila ada perbedaan sikap dan pendapat untuk dapat diselesaikan melalui upaya hukum atau judicial review melalui Mahkamah Konstitusi.

Intinya, kata Kapolres, dalam deklarasi bersama itu, para tokoh masyarakat, agama dan ormas bersama Polres Aceh Singkil sepakat untuk menolak sikap anarkis yang dapat merugikan banyak orang maupun diri sendiri.

Dekalarasi ini, sambungnya, juga mencerminkan jika warga daerah di Kabupaten Aceh Singkil menolak unjuk rasa yang bersifat anarkis. Apalagi, sudah ada Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum namun tidak harus dilakukan dengan cara anarkis.

Mike Hardi Wirapraja juga menyebutkan, pasca aksi unjuk rasa terkait penolakan terhadap Undang-Undang Cipta Kerja oleh ratusan mahasiswa Aceh Singkil di DPRK Aceh Singkil beberapa waktu yang lalu, hingga kini situasi Kabupaten Aceh Singkil masih tetap kondusif.

Apalagi, tambah Kapolres, Aksi Unjuk rasa yang dilakukan oleh gabungan mahasiswa Aceh Singkil berjalan tertib dan tidak ada anarkis.

Berikut isi Deklarasi: 'Kami segenap masyarakat dan Ormas Aceh Singkil, menolak segala bentuk aksi unjuk rasa jalan dan anarkis.

Turut serta dalam Deklarasi tersebut, Kapolres Aceh Singkil AKBP Mike Hardy Wirapraja; Wakapolres Aceh Singkil, Kompol Budi Darma, PJU Polres Aceh Singkil. Pimpinan Cabang Nadhlatul Ulama Aceh Singkil, Ust. Roesman Hasmy.

Kemudian, Ketua FUI Aceh Singkil, Hambalisyah Sinaga, Ketua FORCIDAS, Boas Tumangger; Ketua KNPI Aceh Singkil, Zulbahri Malau; Ketua ALAM-AKSI, Hardinata Simamora; Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat. (Jml)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini