-->

Dayah Babul Hikmah Aceh Singkil Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

REDAKSI

Foto: Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Babul Hikmah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (28/10/2020), malam.


SINGKILTERKINI.NET
, ACEH SINGKIL -
Dayah Babul Hikmah di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1442 Hijriah dengan tema 'Mari kita jadikan shalat sebagai pemersatu umat dan mari kita meningkatkan kecintaan kepada Rusulullah SAW'.

Acara peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang digelar secara rutin setiap tahunnya berlangsung di lokasi Dayah Babul Hikmah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (28/10/2020) setelah pelaksanaan shalat Isya.

Foto: Muspika Gunung Meriah dan Tamu undangan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Babul Hikmah Aceh Singkil.

Hadir dalam kegiatan itu, Pimpinan Dayah Babul Hikmah Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat, Camat Gunung Meriah Drs Johan Pahmi Sanip, Danramil 0109-03/Gunung Meriah Kapten Inf Dahlius, Kapolsek Gunung Meriah Ipda Mulyadi,SH,MH, Kepala Desa Sukamakmur atau yang mewakili.

Ketua Panitia Maulid Dayah Babul Hikmah Aceh Singkil mengatakan pada peringatan Maulid tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya, karena tahun ini selain digelar acara Tausyiah Agama juga digelar Dzikir Maulid, dan diakhiri dengan acara makan bersama.

Foto: Ketua Panitia Maulid Dayah Babul Hikmah Aceh Singkil, Tgk Nurdin Yunus.

Disebutkannya, zikir maulid tersebut dimeriahkan oleh grup zikir Dayah Babul yang dipimpin langsung oleh Pimpinan Dayah Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat.

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Babul Hikmah merupakan yang keempat. Insyaallah kegiatan seperti ini ke depan akan terus ditingkatkan," ujarnya.


Muspika Gunung Meriah Sampaikan Protokol Kesehatan

Kapolsek Gunung Meriah Ipda Mulyadi, SH.MH yang juga mewakili Muspika Gunung Meriah dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak panitia yang ikut serta mengundang Muspika untuk hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Foto: Kapolsek Gunung Meriah Ipda Mulyadi, SH.MH


"Kami dari Muspika Gunung Meriah juga sangat bangga dengan Dayah Babul Hikmah yang mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tepat pada waktunya," ujar Mulyadi pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Babul Hikmah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (28/10/2020).

Dalam kesempatan itu, Mulyadi juga mengajak kepada para pimpinan pasantren, pengurus dan Murid serta para tamu undangan yang berhadir untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.


Tausyiah Agama Oleh Pimpinan Dayah Babul Hikmah

Pimpinan Dayah Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar - Rahmat dalam tausyiah agama menyampaikan tentang sejarah peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang hingga kini diperingati setiap tahunnya oleh umat Islam di seluruh Dunia.

Abuya Syekh Hamdan Rusli, menjelaskan bahwa Maulid Nabi Muhammad SAW menjadi hari yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Tahun ini, sambungnya, Maulid Nabi Muhammad SAW jatuh pada Rabu 28 Oktober 2020.

Foto: Pimpinan Dayah Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar - Rahmat

Menurut Abuya, pada malam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Allah SWT memerintahkan kepada para hambanya untuk memperbanyak bershalawat atas Nabi. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh manusia, tetapi anjuran untuk memanjatkan shalawat atas Nabi juga berlaku bagi para malaikat Allah.

"Allah SWT menyampaikan shalawatnya kepada Nabi itu, sebagai bentuk rahmat dan keberkahan. Malaikat pun menyampaikan shalawat kepadanya sebagai bentuk pujian dan permintaan ampunan. Sedangkan, orang-orang mukmin bershalawat kepadanya sebagai bentuk penghormatan," ujar Abuya Syekh Hamdan Rusli.

Foto: Zikir maulid pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Babul Hikmah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (28/10/2020), malam

Sebagaimana firman Allah SWT sebagai berikut:

إنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya." (QS. Al-Azhab: 56)

Foto: Acara makan bersama pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dayah Babul Hikmah, Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (28/10/2020), malam.

Abuya juga menjelaskan bahwa Maulid Nabi Muhammad SAW memiliki keutamaan yang dapat diperoleh umat Muslim pada saat bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW.

Turut hadir dalam acara itu, Tokoh Masyarakat H.Agustizar,SE, Tokoh, Pengurus Dayah Babul Hikmah, Babinsa san Bhabinkamtibmas Sukamakmur, para Santri/Murid Babul Hikmah, masyarakat Sukamakmur dan Tamu undangan lainnya. (Jamaluddin)
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini