-->

Kadishub Aceh Singkil: Pembelian KM Tailana Untuk Kebutuhan Transportasi Laut

REDAKSI
Kepala Dinas Perhubungan Aceh Singkil, Edy Hartono

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Singkil mengangarkan pembelian Kapal TM Tailana sebagai transportasi laut untuk jurusan Singkil - Pulau Banyak dan Singkil - Pulau Banyak Barat.

"Untuk Pengadaan KM Tailana menelan biaya sekitar 4,5 Miliar yang bersumber dari dana Outsus Kabupaten Aceh Singkil tahun 2019," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Singkil, Edy Hartono, kepada Singkilterkini.net, Senin (2/12/2019) di Aceh Singkil

Menurut Edy, KM Tailana dibuat digalangan Kapal PT DAK Bangka Belitung dengan Kapasitas 70 Sit (Tempat Duduk).

"Besok, KM Tailana ini akan melaksanakan Tes Drive diwilayah Perairan Bangka Belitung, dan pada Rabu 4 Desember 2019 KM Tailana akan berangkat dari Bangka Belitung menuju Aceh Singkil," ujarnya.

Untuk waktu tempuh dari perairan Bangka Belitung menuju perairan Aceh Singkil diperkirakan akan berlangsung selama empat hari dengan jarak tempuh lebih kurang 1000 Mil.

KM Tailana
Setibanya KM Tailana di Aceh Singkil, mengigat fasilitas Sandar Kapal di Singkil belum tersedia, maka kapal tersebut akan dilabuhkan atau bersandar di Dermaga Rakyat Desa Pulau Balai, Kecamatan Pulau Banyak.

"Mengigat anggaran Operasional KM Tailana tersedia di 2020, maka KM Tailana akan di efektifkan operasional pada Januari 2020," sebutnya.

Untuk Kru KM Tailana, Kata Kadishub Aceh Singkil berjumlah 4 orang yang merupakan warga Aceh Singkil. "Mereka juga telah memiliki lisensi /sertifikat untuk mengoperasionalkan KM Tailana," ungkapnya.

Disampaikannya, pembelian KM Tailana bertujuan untuk memenuhi kebutuhan transportasi pulang pergi untuk jurusan Singkil-Pulau Banyak atau Pulau Banyak - Singkil dan Singkil - Pulau Banyak Barat atau Pulau Banyak Barat - Singkil.

"Diharapkan dengan kehadiran KM Tailana ini dapat memberikan pilihan kepada calon penguna jasa transportasi yang akan berangkat di kedua tujuan wilayah kepulauan," kata Edy.

Saat ini, tambah Edy, Dinas Perhubungan Aceh Singkil juga sedang mengodok rancangan Qanun (Raqan) tentang besaran ongkos untuk ke dua tujuan daerah wilayah Kepulauan.

"Terkait tempat bersandar Kapal TM Tailana di Wilayah Singkil, Kami akan berkoordinasi dengan Syahbandar Singkil untuk bisa melakukan turun naik penumpang," ujar Edi seraya menjelaskan pihaknya juga akan meminta petunjuk dari Pimpinan untuk Pembangunan fasilitas Dermaga Labuh KM Tailana di Singkil.

Sementara, untuk tempat bersandar Kapal TM Tailana di wilayah Kecamatan Pulau Banyak Barat, pada tahun 2020 akan di bangun Dermaga Rakyat di Desa Haloban yang dananya bersumber dari Dana DAK senilai 4 Miliar.

"Untuk tempat berlabuh di Kecamatan Pulau Banyak sudah tersedia yakni di Dermaga Rakyat Desa Pulau Balai". katanya lagi.

Disamping itu, pada tahun 2020 mendatang ini, Dinas Perhubungan Aceh Singkil juga akan menerima bantuan satu Unit Kapal Ro-Ro 600 GT yang bersumber dari dana APBA 2020.

"Intinya keberadaan Kapal TM Tailana dan Kapal Ro-ro bertujuan untuk transportasi di daerah Kepulauan dalam rangka menunjang pariwisata," tegasnya. (Jamaluddin) 
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini