-->

Wakili Bupati, Kadis Syariat Islam Aceh Singkil Resmikan Dayah Babul Hikmah

REDAKSI
Dari Kanan, Pimpinan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat; Kepala Dinas Syariat Islam, H.Aslinuddin,S.Pd; Camat Gunung Meriah, Drs Johan Pahmi Sanip; serta Danramil 03 Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius. - SINGKILTERKINI.NET / JAMALUDDIN
SINGKILTERKINI.NET, GUNUNG MERIAH - Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid di wakili Kepala Dinas Syariat Islam, H.Aslinuddin,S.Pd meresmikan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah (BPITT-Babul Hikmah)/Dayah Babul Hikmah di Jln.Perbulan Lr.Babul Hikmah No 01 Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Sabtu (9/11/2019).

Peresmian Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah yang didirikan oleh Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat, dihadiri Camat Gunung Meriah, Drs Johan Pahmi Sanip, Danramil 03 Gunung Meriah, Kapten Inf Dahlius, serta Mantan Anggota DPRK Aceh Singkil, H. Agustizar.m, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Pengurus Dayah Babul Hikmah serta tamu undangan lainnya.

Harapkan Dukungan Pemerintah


Pimpinan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat. - SINGKILTERKINI.NET / JAMALUDDIN


Mengawali kata sambutan, Pimpinan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang ikut berhadir pada acara peresmian Dayah Babul Hikmah.

"Dayah Babul Hikmah ini didirikan sebagai tempat atau Balai Pengajian Tauhid dan Tasawuuf yang dikhususkan untuk usia 18 tahun keatas," ujar Abuya Syekh Hamdan Rusli warga kelahiran Kota Fajar, Kabupaten Aceh Selatan.

Diungkapkan Abuya, bahwa sebelum didirikannya Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah di Desa Sukamakmur, pihaknya selama ini melaksanakan kegiatan keagamaan dengan menyewa rumah di wilayah kecamatan Gunung Meriah, dan juga sering berpindah - pindah.

Acara Peresian  Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah. - SINGKILTERKINI.NET / JAMALUDDIN
Namun, lanjut Abuya, berkat Ijin Allah SWT, dirinya dan bersama para pengurus akhirnya berhasil mendirikan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah di Desa Sukamakmur.

Tanah atau tempat didirikan bangunan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, jelas Abuya, dibeli dari saudara H.Budi dan Buyung. "Alhamdulillah, dari Tiga kaplingan tanah, sudah habis untuk bangunan sarana dasar," ujarnya.

Pada awal didirikan, atau lebih kurang selama 6 bulan, pihaknya pada saat melaksanakan aktifitas pengajian Tauhid dan Tasauf pada malam hari, juga sempat mengunakan lampu teplok.

Suasana menjelang acara peresmian Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah. - SINGKILTERKINI.NET / JAMALUDDIN
Dalam pengajian itu, juga tidak menyurutkan minat bagi Murid yang berasal dari berbagai latar belakang profesi di wilayah Kabupaten Aceh Singkil dan Kota Subulussalam.

Namun, berkat kerja keras dan semangat gotong royong yang dibangun antara Pimpinan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, para pengurus dan para Murid, dan juga mendapat dukungan dari pemerintah Daerah, akhirnya Dayah Babul Hikmah sudah bisa berdiri. Dan saat ini setiap tiga hari juga dilaksanakan kegiatan Pengajian Tauhid dan Tasawwuf yang dilaksanakan tiga Malam dalam seminggu.

Abuya Syekh Hamdan Rusli juga mengharapkan dukungan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil untuk dapat membantu pembangunan seperti pembangunan Pagar dan akses jalan menuju Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah untuk di Aspal.

Kepala Dinas Syariat Islam, H.Aslinuddin,S.Pd saat meresikan Dayah Babul Hikmah. - SINGKILTERKINI.NET / JAMALUDDIN
Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah didirikan untuk menata kembali kesalahan dan kesilipan ilmu di hari tua.

"Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah ini tidak ada menyediakan Ijazah kepada Murid, Dayah ini adalah tempat orang tua belajar, dan saat ini hanya dilaksanakan tiga malam dalam seminggu," jelasnya.

Dipenghujung penyampaiaan, Abuya juga mengharapkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil umumnya dan khususnya Pemerintah Kecamatan Gunung Meriah, agar dapat memperingati 12 Rabiul Awal tepat pada waktunya/tepat tanggalnya.

"Semoga peringatan 12 Rabiul Awal tahun depat tidak lewat atau dilaksanakan tepat waktu/tidak melenceng, Agar di 12 Rabiul awal jangan sunyi dari Zikir dan Shalawat," pesannya.


Akan Disampaikan Ke Bupati

Kadis Syariat Islam Aceh Singkil H.Aslinuddin
Sementara itu, Kadis Syariat Islam Aceh Singkil H.Aslinuddin, mewakili Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid dalam sambutannya menyampaikan permohonan maaf dikarenakan Bupati Aceh Singkil yang sebelumnya dijadwalkan akan dihadiri oleh Wakil Bupati tidak dapat berhadir dikarenakan sedang berhalangan.

"Insyaallah, apa yang sudah menjadi harapan dari pimpinan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah dan pengurus akan disampaikan kepada Bupati Aceh Singkil," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Aslinuddin juga mengigatkan kepada pimpinan Dayah agar dapat memanfaatkan Dayah yang sudah dibangun sebagai tempat untuk memperdalam rasa iman kepada Allah.

"Jika ada berkas - berkas terkait pendirian Dayah Babul Hikmah yang belum, lengkap agar tidak lupa untuk dilengkapi," pesannya.


Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah Sangat Bersih


Camat Gunung Meriah, Drs Johan Pahmi Sanip
Camat Gunung Meriah, Drs Johan Pahmi Sanip dalam sambutannya mengungkapkan rasa harunya ketika melihat kondisi Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah yang tertata dengan rapi, bersih dan juga terdapat berbagai jenis pohon, termasuk kolam Ikan.

"Saya sangat terharu melihat kondisi Babul Hikmah Ini, walau lokasi kecil namun bangunan tertata dengan rapi, bersih dan juga dihiasi dengan tanaman hijau termasuk empat batang pohon kurma," ungkapnya.

Disampaikannya, bahwa besok merupakan hari Pahlawan. Abuya pada hari ini sudah berbuat, jadi pahlawan tidak hanya saja bagi orang yang memegang senjata, dan Kami juga menganggap Abuya termasuk sosok pahlawan.

Ia juga menyampaikan kepada Pimpinan atau Pengurus Dayah Hikmah agar dapat memperluas tanah. "Menurut Saya, Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah juga sangat diperlukan untuk perluasan area, agar kedepannya ini bisa santri - santri kita berbuat, sehingga santri santri kita bisa berkebun," sebutnya.

Dalam kesempatan itu, Camat juga mengharapkan kepada Pimpinan dan Pengurus Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah untuk dapat menjaga kerukunan antar umat beragama.

"Mari kita bersama - sama menjaga kerukunan antar umat beragama, apalagi di Desa Sukamakmur ini juga terdapat warga non Muslim," pesannya.

Dipenghujung penyempaian, Johan Pahmi Sanip menyampaikan bahwa Pemerintah Aceh belum lama ini sudah melaksanakan Program BEREH. "Mereka masih berpikir, Abuya sudah berbuat," sebutnya.

Dayah Babul Himah ini, sangat Bersih, rapi indah, tatanan halaman juga indah, hijau juga lengkap. "Pohon Kurma juga ada, dan jika ada yang mau melihat bisa datang langsung ke Babul Hikmah," ujarnya seraya memintacpara santri untuk menjaga kebersihan.


Pengajian Dilaksanakan Tiga Malam Dalam Seminggu



Pimpinan Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah saat membacakan doa
Pengurus Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah, Tgk Nurdin Yunus menambahakan Kegiatan pengajian Tauhid dan Tasawuuf khusus untuk usia 18 Tahun Keatas dilaksanakan tiga kali dalam seminggu.

"Pengajian dilaksanakan Tiga kali dalam 1 Minggu yaitu, pada alam Selasa (Tauhid), Malam Kamis (Syariah/Fikih) dan malam Sabtu (Tasawwuf)," ujarnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut, pihak Dayah Babul Hikmah selain ikut mengajarkan tentang Kitab Suci Alquran dan kandungan didalamnya juga ikut dilakukan pengkajian Kitab Alhikam, Risalah Husairiyah, Mendalami Dunia Tasauf bagi kaum Sufi, Ihyaulumuddin dan kitab Fikih.

"Untuk yang tidak bisa lagi melanjutkan/atau menimba ilmu di Pasantren umum, bisa datang ke Dayah Babul Hikmah," ujarnya.

Ditambahkannya, sebelum dilaksanakan kegiatan peresmian Balai Pengajian Ilmu Tauhid dan Tasawwuf Babul Hikmah oleh Bupati Aceh Singkil yang diwakili oleh Kadis Syariat Islam. Pada 9 November 2019.

Pihaknya, pada Jumat Malam 8 November 2019 juga menyelenggarakan acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW yang dipandu oleh Abuya Abuya Syekh Hamdan Rusli Ar-Rahmat.

Penulis : Jamaluddin
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini