-->

Kabag Ops Polres Aceh Singkil Bersama Muspida Hadiri Upacara Hari Sumpah Pemuda

REDAKSI

SINGKILTERKINI.NET, ACEH SINGKIL - Pemda Kabupaten Kabupaten Aceh Singkil gelar upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 91 tahun 2019 di di halaman Kantor Bupati Aceh Singkil, Desa Pulo Sarok, Kecamatan Singkil, Senin (28/10/2019).

Dihadiri oleh Kapolres Aceh Singkil AKBP Andrianro Argamuda, SIK diwakili Kabag Ops AKP Erwinsyah, S.Sos bersama Bupati Aceh Singkil, Dulmusrid; Dandim 0109/Aceh Singkil Letkol Inf. Syaifuddin,S.Ag diwakili Kapten Inf. J. Sialoho; Ketua DPRK Aceh Singkil, Hasanuddin Aritonang, Ketua Pengadilan Negeri Singkil di wakili, dan Ketua Mahkamah Syari'ah Singkil, Fauziati, S.Ag., M.Ag.

Hadir juga, Dan Pos TNI-AL Singkil, Lettda Laut (P) Timbul Parulian Marbun, Para Asisten dan Kabag Setdakab Aceh Singkil; Para Kepala SKPK Aceh Singkil, Para Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan serta Organisasi Wanita, dan diikuti ratusan peserta upacara.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid bertindak sebagai Inspektur upacara membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga, bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-91 ini mengambil tema Bersatu Kita Maju.

"Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para Pemuda yang di-ikrarkan pada Tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa Hanya Dengan Persatuan Kita Dapat Mewujudkan Cita-cita Bangsa," kata Bupati.


Disamping itu, pesatnya perkembangan Teknologi Informasi ibarat dua mata Pisau. Satu sisi Ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para Pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan Sumber Daya serta Daya Saing.

Namun, pada sisi yang lain perkembangan ini Mempunyai Dampak Negative, Informasi-informasi yang bersifat destrukif mulai dari pornografi, Narkoba, Pergaulan Bebas Hingga Radikalisme dan Terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila Pemuda tidak dapat membendung dengan filter Ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

"Pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dan tuntas," ujarnya.

Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan Skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tema Bersatu Kita Maju, lanjutnya, sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, Tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju.

Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.


Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter Kita bisa kuat, tangguh dan kokoh Ikut serta dalam percaturan pemuda di Dunia. Kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negative dari modernisasi dan globalisasi, Tapi Kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh Ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial Suku, Agama, Ras dan Kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian Dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik

"Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia," sebutnya

Akhirnya, Saya Ucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke- 91. Semoga Melalui Peringatan Ini Kita Selalu Menghormati Jasa Para Pemuda, Jasa Para Pendiri Bangsa Dan Jasa Para Pahlawan Kita. Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa melimpahkan rahmat dan Ridho-nya kepada kita semua.

Sebelum mengakhiri pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ini. Perlu juga disampaikan bahwa, hari ini Kita juga melaksanakan Lounching Pemberian Obat Pencegahan Massal (Popm) Filariasis Tahun 2019 yang merupakan Tahun terakhir pelaksanaan, selama 5 Tahun berturut-turut, sejak Tahun 2015.

"Syukur Alhamdulillah, program ini berjalan sukses dan sesuai target Kita bersama. Keberhasilan ini merupakan usaha dan kerja keras semua pihak, yakni Stake Holder terkait seperti Dinas Kesehatan, Pihak Swasta, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Guru, Pkk, Kader Dan Organisasi Masyarakat Serta Kesadaran Masyarakat Kita Sendiri.

Atas upaya yang terus menerus tanpa lelah ini, "Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya. Semoga Aceh Singkil akan terbebas dari penyakit Kaki Gajah Ini. Amin Yarabbal Alamin," tutupnya.

Penulis : Jamaluddin
Sumber : Singkil Terkini.
Komentar Anda

Terimakasih Atas Kunjungannya, Silahkan berkomentar dengan bijak, Komentar Spam dan/atau berisi link aktif tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Berita Terkini